September 12, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

KKN PPM UNM Berdayakan Keluarga Rentan Pangan Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Andika Isma

MAKASSAR – Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Kulilah Kerja Nyata Program Pembelajaran dan Pemberdayaan (KKN PPM) yang dibiayai oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar dengan judul, “Pemberdayaan Lahan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga Rentan Pangan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Bonto Duri Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Kegiatan ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Kegiatan ini terdiri dari Dr. Agus Syam, S.Pd., M.Si. sebagai Ketua Pengabdi dan Sudarmi, S.Pd., M.Pd. sebagai anggota pengabdi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian pembelajaran dan pelatihan kepada masyarakat tentang pemanfaatan lahan pekarangan untuk kegiatan produktif yakni menanam sayur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketua Pengabdi, Dr. Agus Syam, S.Pd., M.Si., mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan edukasi kepada keluarga rentan pangan untuk mengoptimalkan penggunaan lahan pekarangannya dalam membudidayakan tanaman sayuran selain sebagai konsumsi keluarga juga dapat menjadi wirausaha keluarga.

“Kegiatan ini tidak hanya menghasilkan tanaman untuk dikonsumsi saja, tetapi juga dapat dijual dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan ini, hal ini terlihat dari antusiasnya mereka dalam mengikuti kegiatan ini.

Drs. Nasrullah Salam, Ketua RT 002/RW 07 Kelurahan Bonto Duri Kecamatan Tamalate Kota Makassar sangat mengapresiasi kegiatan ini karena melalui kegiatan ini masyarakat mendapatkan sarana edukasi tentang pemanfaatan lahan pekarangan menjadi lahan yang produktif untuk konsumsi pribadi dan meningkatkan pendapatan.

“Selain memenuhi konsumsi rumah tangga, warga juga terinspirasi untuk mengembangkan wirausaha dalam keluarga yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga sasaran dalam kegiatan ini menyampaikan harapan yang sangat besar agar kiranya kegiatan ini dapat terus berlanjut karena memberikan begitu banyak manfaat bagi warga setempat.

 10 total views,  2 views today