September 13, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

International Internship, Pankaj Das Memberikan Kuliah di IIB Darmajaya

*Rilis Humas Darmajaya

BANDAR LAMPUNG – Pankaj Das, lulusan Universitas Airlangga berasal dari Nepal, memberikan materi kuliah kepada mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Senin, 14-Desember-2020.

Puluhan mahasiswa Program Studi Manajemen IIB Darmajaya mengikuti perkuliahan dengan materi Compensation Distribution melalui metode daring selama 120 menit. Materi yang disampaikan selama kurang lebih dua jam diikuti oleh tiga kelas prodi manajemen.
Pankaj Das mengatakan kompensasi adalah jumlah total pembayaran moneter dan non-moneter yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan sesuai kebutuhan.

“Kompensasi adalah pendekatan sistematis untuk memberikan upah kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan. Kompensasi dapat mencapai beberapa tujuan yang membantu dalam perekrutan, prestasi kerja, dan kepuasan kerja,” ungkapnya.
Menurutnya, kompensasi didasarkan pada riset pasar tentang nilai pekerjaan yang ada di pasar, kontribusi dan prestasi karyawan, dan ketersediaan karyawan dengan keterampilan yang ada di pasar.

“Kompensasi digunakan untuk merekrut dan mempertahankan karyawan yang memenuhi syarat, meningkatkan atau mempertahankan moral atau kepuasan, menghargai dan mendorong kinerja puncak, mendorong loyalitas perusahaan dan memodifikasi (melalui negosiasi) praktik serikat pekerja,” ujarnya.

Pankaj biasa dia disapa juga menerangkan terdapat komponen sistem kompensasi terdiri dari uraian tugas, analisis pekerjaan dan evaluasi pekerjaan. “Kompensasi juga diberikan untuk memberikan stimulus dan motivasi kepada karyawan dalam kinerjanya,” tuturnya.

Kepala Bagian Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd., mengatakan kegiatan ini merupakan program International Internship Scholarship (IIS). “Pankaj Das menyampaikan materi kuliah tidak hanya satu kelas tetapi beberapa kelas,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, bagian dari peningkatan pengetahuan mahasiswa IIB Darmajaya. “Materi yang disampaikan juga sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki yakni Human Resource Management,” tuturnya.

Dwiyan biasa dia disapa menambahkan perkuliahan juga dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. “Kuliah ini juga untuk memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa dalam mengenal pengetahuan tidak hanya di Indonesia tetapi luar negeri,” tutupnya.
Untuk diketahui, Pankaj Das akan mengisi kuliah kepada mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya hingga Kamis, 17-Desember-2020 dengan materi Compensation Distribution. Kemudian, Ia mengisi kuliah dengan materi yang berbeda. (*)

 12 total views,  2 views today