September 13, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Terkait Pungli di SMAN 1 Liwa, Ini Kata Komisi 3 Lambar

*Laporan Eko Pramiswanto
Wartawan Inspiratif.co.id

LAMPUNG BARAT – Pungutan Liar (Pungli) yang terjadi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Liwa Kabupaten Lampung Barat, kini menjadi sorotan Anggota DPRD Lambar. Komisi 3 Bidang Pendidikan dan Kesehatan Noviadi menegaskan, pungutan itu salah apabila dana tersebut digunakan untuk perpisahan siswa tanpa musyawarah dengan komite sekolah.

Namun terus dia, jika pungutan itu terjadi dengan cara musyawarah komite dan wali murid itu sah- sah saja, Dengan dasar disetujui semua pihak yang hadir.

“Tapi kita harus runut dulu pungutan itu, jika pihak sekolah yang meminta itu salah, jelas ada konsekwensinya dong dan harus pihak yang berwenang yang menanganinya. Namun jika komite yang meminta itu tidak masalah biasanya jika komite yang melakukannya uang itu untuk kegiatan penunjang anak sekolah,” kata dia kepada awak media, 15 Desember 2020.

Masih kata dia, jika pungutan untuk kegiatan perpisahan itu pihak sekolah yang melakukan itu jelas menyalahi aturan di Permendikbud nomor 75 tahun 2016, tapi jika komite pastinya telah mendelegasikan ke pihak sekolah seperti kepada panitia penyelenggaranya.

“Kalau soal pungutan disekolah tidak perlu dulu kita menggunakan surat edaran gubernur, kita kembalikan dalam aturan permendikbud nomor 75 tahun 2016, jika sekolah itu melakukan pungutan artinya pihak sekolah menumbur aturan yang ada,” tutupnya.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Liwa Riston mengatakan melalu pesan WhatsApp nya uang tersebut sudah bisa dikembalikan jika ada anak yang ingin mengambil silahkan langsung kepada panitia penyelenggara pada waktu itu.

“Uang tersebut Sudah mulai di kembalikan jika siswa ada yang mau mengambil silahkan ambil sama panitia kemaren,” kata riston dalam pesan singkatnya.

 12 total views,  2 views today