September 12, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Yanuar: Jika Terbukti Pungli, Harus Ada Sanksi Untuk Sekolah Itu

*Laporan Eko Pramiswanto

Wartawan Inspiratif.co.id

LAMPUNG BARAT – Pungutan Liar (Pungli) Yang terjadi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Liwa semakin meruncing. Pungutan yang berdalih untuk kegiatan Perpisahan itu, justru kini menjadi sorotan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Komisi V bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Sosial Yanuar Irawan, Dapil IV daerah pemilihan Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Tanggamus.

Menurutnya, Presiden Republik Indonesia juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau lebih dikenal dengan istilah saber pungli.

“Saya kira bukan hanya pungli tapi apapun yang dilakukan oleh pihak kepala sekolah yang dianggap melanggar aturan yang ada, serta dapar dibuktikan secara akurat dan objektif maka harus diberikan Sanksi tegas,” kata Yanuar kepada inspiratif.co.id melalui pesan WhatsAppnya Kamis, 17-Desember-2020.

Dalam hal itu, selain diberi sangsi pihak sekolah juga harus mengembalikan uang yang telah dipungutnya itu dan harus ada bukti pengembaliannya. Karena pungutan itu jelas memberatkan serta merugikan masyarakat Khususnya wali murid itu sendiri.

 12 total views,  2 views today