September 15, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Perkuliahan dari Dosen UTeM Malaysia, Mahasiswa IIB Darmajaya Antusias

*Rilis Humas Darmajaya

BANDAR LAMPUNG – Sikap (Attitude) merupakan komponen utama dalam dinamika perilaku organisasi. Hal ini disampaikan Dr. Mohd Fazli Mohd Sam saat mengisi kuliah mahasiswa Prodi Manajemen IIB Darmajaya dalam Visiting Lecturer Kamis, 07-Januari-2021.

Dosen Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) tersebut menyampaikannya melalui media daring zoom dengan menggunakan dua bahasa (bilingual) Inggris – Indonesia. Dr. Mohd Fazli juga menjelaskan kepribadian dapat mempengaruhi sikap dan perilaku di tempat kerja.

“Manajer perlu memahami cara individu dan kelompok bertindak. Karyawan dan manajer membawa perbedaan masing-masing ke dalam pekerjaan setiap hari. Perbedaan sikap, nilai, kepribadian, dan perilaku mempengaruhi,” ungkapnya.

Menurutnya, bagaimana orang menafsirkan tugas pekerjaan, apakah mereka dapat diarahkan apa yang harus dilakukan, bagaimana mereka menangani tantangan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain. Dalam sikap terdapat kognitif, afektif, dan psikomotor.
“Perubahan kebiasaan dapat berdampak kepada hasil kinerja. Kebiasaan berdampak pada personalitas,” ujarnya.

Diversity dalam organisasi jangan dijadikan masalah, karena setiap orang punya nilai positif dan negatifnya masing-masing maka optimasikan dan jangan di judge. “Gunakan fungsi sebaik-baiknya seperti nilai positif dan negatif,” terangnya.

Salah satu mahasiswi, Feby Intania Puteri merespon penjelasan Pengajar asal UTeM dengan sebuah pertanyaan. “Bagaimana untuk meminimalisir perbedaan persepsi dalam dunia kerja antara satu dengan yang lainnya,” ucapnya.

Dr. Mohd Fazli menanggapi bahwa agar setiap karyawan atau pekerja memiliki rasa memiliki terhadap organisasi atau dunia kerja. “Yang utama harus berpikir saling melengkapi serta harus berpikir positif,” imbuhnya.

Kuliah diikuti oleh ratusan mahasiswa dengan dosen pendamping Dra. Linda Septarina, M.M. Virtual Visiting lecture merupakan program Kelas Internasional Prodi Manajemen yang bekerjasama dengan UPT Kerjasama dan Hubungan Internasional IIB Darmajaya. (**)

 12 total views,  2 views today