September 14, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Sikapi Covid-19, Manajemen RS.Ryacudu Ambil Tindakan, dr.Indra: Masyarakat Jangan Cemas

*Laporan: Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Mengetahui adanya tenaga medis terpapar Corona Virus Disease (Covid-19), manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu Kotabumi Lampung Utara, segera mengambil tindakan cepat dengan melakukan skrining dan pembersihan ruang Unit Gawat Darurat (UGD).

Dikonfirmasi diruang kerjanya, Plt. Direktur RSUD H.M. Ryacudu dr. Syah Indra Husada Lubis menjelaskan, tindakan cepat dilakukan karena pihaknya tidak mau ambil resiko terhadap kemungkinan bertambahnya penderita lain.

“Iya ada tenaga medis di ruang UGD ada yang terpapar Covid-19, maka itu kami manajemen Rumah Sakit langsung bergerak cepat dengan mengalihkan ruang UGD ketempat lain. Kemudian kita akan adakan skrining dengan cara antigen, bagi para Tenaga Medis,” jelas dr.Indra, Plt.Dirut Ryacudu, Senin 18 Januari 2021.

Perlu diketahui, lanjutnya, pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB Rumah Sakit tengah mengalihkan ruang UGD ke ruangan lain. Semua dilakukan demi kebaikan bersama baik itu internal Rumah Sakit maupun masyarakat luar.

“Selama tiga jam ruang UGD kita alihkan terlebih dahulu untuk dibersihkan. Kemudian untuk tenaga medisnya sudah kita siapkan, siap saja yang akan bertugas,” tambahnya.

Untuk itu dirinya menghimbau agar masyarakat tidak perlu takut dan cemas dengan adanya salah satu tenaga medis yang terpapar Covid-19.
Sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Lampura terkait langkah-langkah yang akan diambil jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dengan dipindahnya UGD bukan berarti pelayanan dinonaktifkan, UGD masih buka selama 24 jam untuk memberikan pelayanan ke Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. “Tenaga kesehatan kita Standby setiap harinya di UGD ada lebih dari 20 orang. Untuk itu Masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya.

Untuk itu himbaunya, penerapan protokol kesehatan harus diperketat lagi. Tidak hanya untuk tenaga kesehatan dan karyawan yang ada di Rumah Sakit saja, namun juga seluruh Masyarakat yang datang ke RSUD H.M. Ryacudu Kotabumi. “Tetap jalankan protokol kesehatan. Ini sangat penting, bukan hanya menjaga keselamatan diri kita saja, tetapi juga keluarga kita dan orang lain. Ingat penerapan protokol kesehatan sangat penting,” himbaunya.

 14 total views,  2 views today