September 11, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Kunker ke Pelabuhan Merak, Tamanuri Minta Masalah Manifes Diperhatikan

*Rilis

SERANG — Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Banten, Jumat 5-Februari-2021. Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi NasDem, Tamanuri, mengatakan dalam kunjungan itu pihaknya ingin melihat perkembangan Pelabuhan Penyeberangan Merak.
Tamanuri mengatakan, terdapat sejumlah masalah penyeberangan yang menjadi sorotan Komisi V DPR. Di antaranya, masalah data atau manifes penumpang yang harus diselesaikan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) . menurut dia, permasalahan manifes penumpang perlu diperbaiki ASDP Indonesia Ferry.
“Saat ini, pencatatan manifes penumpang kapal hanya untuk pengemudi mobil saja. Penumpang mobilnya harus didaftarkan juga dalam manifes, jangan sampai hanya sopir sama mobil yang dicatat,” kata Tamanuri, usai meninjau Pelabuhan Penyeberangan Merak bersama Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub serta jajaran PT ASDP Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Legislator NasDem Dapil Lampung II (Kabupaten Lampung Timur, Lampung Utara, Lampung Tengah, Way Kanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Kabupaten Mesuji) itu menjelaskan, dalam proses penyeberangan, kendaraan beserta orangnya harus terdaftar dalam manifes penumpang untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Jika terjadi kecelakaan, kita tidak tahu siapa saja yang ada di kapal, karena yang terdaftar sopirnya saja,” kata Tamanuri.
Di samping itu, ia juga mengapresiasi sisi pelayanan di Pelabuhan Penyeberangan Merak yang sudah memadai. Di antaranya pemesanan tiket tidak lagi dengan cara manual.

“Sekarang sudah ada e-Money, calon penumpang datang ke pelabuhan tidak lagi mencari-cari tiket, tetapi sudah dibawa dari rumah masing-masing. Sehingga, calon penumpang tidak mengalami kesulitan untuk mencari tiket. Ini yang kita harapkan,” tambahnya.

Selain itu, Legislator NasDem yang sudah dua periode duduk di Senayan itu meminta agar infrastruktur dan transportasi di Pelabuhan Penyeberangan Merak perlu ditingkatkan, terlebih adanya jalan tol dari Aceh sampai Lampung untuk mempercepat hubungan Sumatera dan Jawa.

“Ada banyak penumpang yang akan melalui pelabuhan dari Sumatera ke Jawa. Harus diperhitungkan juga keamanan dan kenyamanan. Apalagi kondisi pandemi, harus dilakukan tes swab atau antigen,” kata Tamanuri. (dpr.go.id/HH/*)

 22 total views,  2 views today