September 14, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Jembatan Gantung Ambruk, 2.011 Warga Desa Kariango Pinrang Terisolir

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Andika Isma

PINRANG – Jembatan penghubung antara Desa Kariango dan Desa Bakaru, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang ambruk Minggu, 07-Februari-2021.

Ambruknya jembatan dikarenakan material longsor yang menimpa jembatan hingga terputus. Akibatnya 2.011 warga Desa Kariango terisolir.

“Saat ini yang terdaftar ada 2.011 jiwa. Warga sudah tidak bisa ke mana-mana karena jalanan sudah putus, ” kata Kepala Desa Kariango, Muhammad Jafar

Diketahui jembatan gantung tersebut merupakan akses satu-satunya untuk lebih cepat ke kota.

“Warga kalau mau beli kebutuhan itu semuanya lewat Desa Bakaru. Akses paling dekat itu. Karena jalanan di sana sudah bagus. Tapi kan jembatan sudah putus. Jadi tidak bisa dilalui,” lanjutnya.

Muhammad Jafar menuturkan ada jalur lain tetapi butuh waktu 4 sampai 5 jam untuk melewati jalanan tersebut.

“Ada akses lain, lewat Desa Letta baru ke Desa Rajang. Tapi harus keliling dulu. Jauh sekali, jalanannya licin dan jelek. Susah dilewati,” tuturnya.

Salah satu warga Desa Kariango, Musriadi mengatakan jalur lain tersebut tidak memungkinkan untuk dilewati.

“Saat ini kan musim hujan, otomatis jalan ke Desa Letta itu licin. Jarang kendaraan motor bisa lewat. Jauh juga karena harus keliling,” kata Musriadi.

Musriadi mengatakan, warga Desa Kariango jarang melewati jalanan tersebut.

“Warga di sini itu jarang lewat jalan tersebut. Karena akses ke Desa Bakaru itu lebih cepat. Cuma kan jembatannya sudah ambruk. Jadi tidak bisa mi menyeberang,” lanjutnya.

Musriadi mengaku khawatir jika persediaan makanan sudah habis sementara jembatan belum diperbaiki.

“Yang kami khawatirkan itu kalau persediaan makanan sudah habis. Sementara untuk beli kebutuhan harus ke Pasar Bungi melewati jembatan gantung tersebut. Kalau tidak segera diperbaiki kami bakal kesusahan dan kelaparan di sini,” pungkasnya.

Dari informasi yang dikumpulkan, saat ini warga Desa Kariango sedang bergotong royong untuk mengumpulkan bambu-bambu guna membuat jembatan penghubung.

 12 total views,  2 views today