September 19, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Menuju SPBE, Tahun 2021 Diskominfo Akan Bangun Server

*Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lampung Utara, diketahui sedang menyiapkan pembangunan ‘server’ sebagai rumah informasi menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Nantinya Diskominfo akan menjadi induk informatika, bagi kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan setempat.

“Sudah dua tahun ini kita anggarkan selalu kena relokasi anggaran, tahun kemarin karena pandemi covid-19. Ditahun ini kita ajukan. Server ini ke depan, seluruh data senter itu akan terintegrasi di Kominfo, jadi semua OPD yang memerlukan data center itu ada disini. Namun tetap mereka (OPD) yang mengelolanya. Main tinance ada disini,” jelas Anton.WR Kepala Bidang Pemberdayaan E-Goverment mendampingi Plt.Kadis Kominfo Susilo, Rabu 10 Januari 2021.

Masih kata dia, kebutuhan Server ini wajib karena mengacu pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dimana semua OPD harus sudah menggunakannya (online) dengan leading sektor Kominfo.

“OPD di Lampung Utara memang ada yang sudah memiliki Server sendiri seperti Bappeda dan BPKAD, namun ke depan kita akan menjadi rumah dari semua informasi di OPD.” katanya.

Diskominfo berharap sesuai dengan kebutuhan Kominfo itu akan terealisasi di tahun 2021. Sementara saat ini Kominfo masih memaksimalkan penggunaan Virtual Private Server (VPS).

“Di akhir 2020 lalu kami mengajukan ke Kementrian Kominfo mengajukan Virtual Private Server (VPS), dan ini yang sementara ini kami memaksimalkan penggunaannya. Kami berharap pembangunan Server terealisasi ditahun 2021 ini.” pungkasnya.

 14 total views,  2 views today