September 26, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Sekdakab Sebut Musrenbang Merupakan Penyatu Kebijakan & Kebutuhan Masyarakat

*Laporan : Berkhin.S – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Beberapa hari terakhir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat tengah fokus melaksanakan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Mengenai hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, H. Lekok menilai, Musrebang merupakan Media untuk menyatukan kebutuhan Masyarakat dari bawah. Serta guna menyatukan kebijakan Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Pemerintah Kabupaten yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan Media Penyatu Kebutuhan Masyarakat. Nantinya setiap Desa akan mengajukan berbagai usulan demi kemajuan Kabupaten Bumi Ragem Tunas Lampung,” tutur Sekkab H. Lekok saat dikonfirmasi belum lama ini, Senin 15-Maret-2021.

Hasil Musrenbang di 23 Kecamatan tersebut terus Lekok, nantinya akan di bawa ke Level Kabupaten. Musrenbang Kecamatan tersebut menampung semua kebutuhan Masyarakat di semua lapisan yang ada di Desa. Sehingga nantinya akan dipadukan dalam Program Kabupaten.

“Pemanduan Program namanya yang didalamnya terdapat kebutuhan Masyarakat. Ingat bukan keinginan namun kebutuhan, dengan pendekatan skala prioritas. Dengan melihat kemampuan keuangan daerah dalam pelaksanaannya,” paparnya.

Perlunya Masyarakat pahami bersama tambah Lekok, tidak semua usulan yang diajukan akan terealisasi. Semua akan tetap melihat skala prioritasnya. Mana yang lebih mendesak, itulah yang harus diprioritaskan.

Mengingat dalam satu Kecamatan tidak hanya terdapat dua Desa saja tetapi juga ada yg 20 hingga 30 Desa. Masing-masing Desa mengajukan usulan dan Pemkab Lampura melihat mana yang akan menjadi prioritas utama sesuai dengan kebutuhan yang memang sudah mendesak.”Definisi Pembangunan tersebut tidak hanya Pembangunan Infrastruktur (fisik) saja yang harus dibangun, namun juga ada pembangunan Sumber Daya Manusia.
Dengan artian nantinya setelah pembangunan fisiknya terselesaikan Masyarakat juga sudah siap untuk merawatnya bersama,” pungkasnya.

 18 total views,  2 views today