September 14, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Susun Perencanaan Sistematis, Bersama Prov.Lampung Pemkab Lampura Gelar Musrenbangkab

*Laporan: Berkhin.S – Inspiratif.co.id

Lampung Utara, – Matangkan wacana pembangunan tahun 2022 mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Utara gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) diaula tapis Pemda setempat, selasa 23 Maret 2021.

Tampak hadir dalam Musrenbang, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Ir. Edi Yanto, M.Si, Sekda Lampura Drs. Lekok, M.,M., Anggota DPRD, Forkopimda Lampung Utara, para Staf Ahli dan Asisten Pemerintah Kabupaten setempat baik virtual maupun tatap muka.

Dikatakan Bupati Lampung Utara Hi. Budi Utomo, S.,E., M.,M., Perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Dalam rangka menjamin agar kegiatan pembangunan dapat berjalan efektif, efisien dan mempunyai sasaran yang jelas, perlu disusun suatu perencanaan pembangunan daerah secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif terhadap aspirasi dan perubahan zaman.

“Karena keterbatasan tersebut, kami mengajak kepada semua pihak untuk selalu optimis dan bekerja lebih keras, berkreatifitas dan berinovasi untuk mengeksplor seluruh potensi daerah, baik di sektor sumber daya alam, perdagangan, pariswisata, teknologi maupun potensi sumber daya manusia, dalam rangka mewujudkan Visi Kabupaten Lampung Utara yang Aman, Agamis, Maju dan Sejahtera,” ujar Bupati Budi Utomo dalam sambutannya, di ruang Tapis, Selasa 23 Maret 2021.

Selain itu, sambung Bupati, dalam rangka sinergisitas perencanaan pembangunan daerah antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten, beberapa waktu yang lalu juga telah dilaksanakan rapat-rapat teknis dan diskusi antara Bappeda dan Perangkat Daerah.

Karena itu, Bupati berharap melalui pelaksanaan Musrenbang ini dapat menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders dalam menetapkan program kegiatan, serta membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, sehingga pada akhirnya akan menghasilkan RKPD Kabupaten Lampura yang dapat menjawab permasalahan yang ada.

Usai agenda itu, Asisten II Provinsi Lampung Edi Yanto yang mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan, bahwa program yang disampaikan oleh Pemkab Lampura memang sudah selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi. Usulan-usulan dari Lampura nantinya akan dipilah mana yang mendapat dukungan dari APBD Provinsi mana yang mendapat dukungan dari APBD Kabupaten. Yang menjadi salah satu pokok bahasan yakni perekonomian di dalamnya terdapat agro Bisnis.

Kemudian pemulihan ekonomi pasca Covid-19, karena sangat berpengaruh besar terhadap tenaga kerja, UMKM sehingga nantinya dipulihkan dan disinergikan dengan Program Provinsi.

“Saya berharap dalam waktu dekat Kabupaten Lampura bisa ke luar dalam problema Covid-19. Kemudian dapat mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan daya beli Masyarakat,” harapnya.

 12 total views,  2 views today