September 26, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Bappeda Lampura Gelar Konsultasi Publik Perubahan RPJMD

*Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara, menggelar rapat konsultasi publik Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), bersama para pemangku kepentingan (stakeholder), di Aula Bappeda, Rabu 24-Maret-2021.

Hal itu dilakukan guna percepatan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Lampung Utara, dengan acuan terbitnya peraturan presiden Nomor:18/2020 tentang RPJMN tahun 2020-2024. Kemudian berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor:12/2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. Lalu Permendagri Nomor:90/2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur.

“Dalam konsultasi ini semua Stake holder kita libatkan. Hingga ke para tokoh dan perguruan tinggi,” ucap Andi Rabu, 24-Maret-2021.

Konsultasi Publik sendiri terus Andi, merupakan rancangan Awal. Rancangan awal ini akan disempurnakan dengan mendengarkan masukan dan arahan dari stake holder sehingga bisa menjadi bahan masukan.

Dengan harapan setelah diadakannya rapat konsultasi ini dapat diperoleh saran dan masukan dari para pemangku kepentingan demi menyempurnakan rancangan awal perubahan RPJMD Kabupaten Lampura 2019-2024.

“Serta dapat melakukan sinkronasi dan harmonisasi seluruh data, informasi , dan rencana pembangunan daerah yang terjadi pada dokumen rancangan awal RPJMD,” paparnya.

Hasil yang diharapkan dari konsultasi publik sendiri tambah Andi, yakni hasil konsultasi publik perubahan RPJMD Lampura ini selanjutnya dirumuskan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani oleh setiap unsur yang mewakili pemangku kepentingan.

Selanjutnya rancangan awal perubahan RPJMD Lampura tahun 2019-2024 disampaikan kepada DPRD untuk memperoleh kesepakatan yang dituangkan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani Bupati dan Ketua DPRD Lampura.

“Selanjutnya nota kesepakatan Bupati dan Ketua DPRD tentang rancangan awal perubahan RPJMD, selanjutnya menjadi bahan konsultasi Pemkab Lampura kepada Gubernur,” pungkasnya.

 14 total views,  2 views today