April 16, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Bazar Unggulan UMKM Digelar, Disdag Lampura Siap Pasarkan Produk Hingga Mancanegara

*Laporan : Berkhin.S – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Lampung Utara, menggelar bazar berbagai produk makanan Khas Lampung Utara, di halaman ramayana, Kamis 08 April 2021.

Ditargetkan hasil karya para pelaku UMKM Lampung Utara akan mencapai titik maksimal pemasaran hingga mancanegara dan menjadi terobosan pada pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid -19 ini.

Usai meninjau Bazar yang dilaksanakan oleh UMKM Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) bersama Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian akan mempromosikan Produk unggulan yang dijadikan para Pelaku UMKM.

“Pemkab Lampura memantau pelaksanaan Bazar yang dilaksanakan UMKM. Kita bersama Dinas Koperasi sudah mengecek dan meninjau Bazar. Hasilnya produk unggulan yang ada akan kita promosikan,”ujar Kepala Dinas Perdagangan Lampura Hendri, Kamis 08 April 2021.

Pelaksanaan Bazar sendiri sambung Hendri, tentunya menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Kegiatan ini sendiri sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

“Jadi kita berharap kegiatan ini agar menjadi salah satu percepatan pemulihan ekonomi.
Jika dilihat, yang dihasilkan pelaku UMKM sudah sangat luar biasa. Mulai dari ada Gula Semut, Batin yang dikombinasikan sehingga terlihat cantik, Kopi dan lainnya.” sambung Hendri.

Untuk itu pihaknya berencana mempromosikan kegiatan ini diberbagai Even, Asosiasi, kemudian perlu adanya pangsa pasar untuk memasarkan hasil UMKM ini. Bisa dipasarkan melalui Online dengan menggandeng semua elemen.
Ini merupakan suatu terobosan Pemkab Lampura di bawah naungan Pak Bupati H. Budi Utomo. Saya bersama Dinas koperasi akan mengembangkan UMKM ini.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Lampura Dina Prawitarini menambahkan, Bazar ini adalah murni merupakan inisiatif dari pihak UMKM.
Di Lampura sendiri pelaku UMKM jumlahnya ada puluhan ribu. Namun yang mengikuti Bazar sendiri hanya sekitar 50, karena tempatnya terbatas jadi tidak semua diikutkan dalam Bazar.

“Pemkab siap memfasilitasi para pelaku UMKM agar lebih maju lagi. Mulai dari fasilitas dengan Perbankan, ini adalah salah satu cara mengembangkan UMKM Pelaku Usaha,” pungkasnya.