September 26, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Jalin Kerja Sama, HA IPB Lampung Dilatih Digital Marketing dengan Prodi Bisnis Digital Darmajaya

*Rilis Humas Darmajaya

BANDAR LAMPUNG – Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan digital marketing dan bisnis digital kepada Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Lampung Sabtu, (17/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya dan HA IPB Lampung. Diikuti juga penandatanganan MoA antara Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya dengan HA IPB Lampung dalam peningkatan kualitas SDM, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan dilakukan Dekan FEB Dr. Faurani I Santi Singagerda, M.Sc. dengan Ketua Umum HA IPB Lampung, Ir. H. Agus Wahyudi serta Ketua Prodi Bisnis Digital Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M. Pelatihan dilakukan beberapa kali secara tatap muka maupun daring.

Agus Wahyudi menuturkan pertanian selama ini identik dengan tradisional baik dari segi produksi dan pemasaran. Era Disrupsi 4.0 dan Internet of Things (IoT) saat ini, menuntut milenial menjadi petani dengan pemanfaatan teknologi digital.

“Dalam menarik minat milenial di bidang pertanian salah satunya adalah digital marketing diterapkan dalam produk-produk pertanian dan UMKM,” ungkapnya.

Dengan adanya wabah Covid-19, lanjut dia, maka akan mempercepat perubahan bisnis di semua lini. Zaman sudah berubah, menjadi era modern (teknologi dan informasi) maka dari itu dalam setiap sektor perlunya pemanfaatan teknologi salah satunya dalam perekonomian (digital marketing) untuk meningkatkan skill dan talenta baru yang bertujuan meningkatkan pasar/ekonomi dalam Era Industri 4.0.

Dengan diadakannya kegiatan digital marketing ini, kata Agus, dapat menjadi wadah dan salah satu solusi dari alumni milenial IPB untuk memulihkan dan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat dan menambah pengalaman serta wawasan khususnya bagi kaum muda (milenial) untuk berani bergerak dibidang perekonomian. Terutama menjadi seorang wirausaha pertanian dan pelatihan ini juga memiliki keuntungan yang lebih karena banyak mendapatkan benefit dan tidak harus melakukan pertemuan rutin secara langsung, menyiapkan saran prasarana dan operasional yang diperlukan.

Agus berharap masyarakat atau kaum muda (milenial) dapat lebih terbuka untuk beradaptasi dan memiliki jiwa wirausaha (digital marketing) yang selalu mengikuti perkembangan zaman dalam perubahan teknologi. “Terima Kasih saya ucapkan kepada IIB Darmajaya yang memberikan pelatihan alumni milenial IPB Lampung dalam meningkatkan kompetensi digital marketing. Semoga kerjasama ini bisa kita lanjutkan di bidang-bidang yang lain,” kata Vice President, Head Marketing Broiler West – PT. Ciomas Adisatwa Comercial Division (Japfa Group).

Sementara, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya, Dr. Faurani I Santi Singagerda, M.Sc., menuturkan bahwa dengan kegiatan pengabdian Prodi Bisnis Digital dalam rangka pengembangan dan implementasi kepada masyarakat khususnya wirausaha muda. “Dalam hal ini baik FEB maupun Prodi Bisnis Digital sangat konsen terhadap perkembangan bisnis dikalangan milenial, khususnya bagaimana pemanfaatan media sosial dan teknologi informasi dalam pengembangan bisnis dikalangan muda,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya, Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M., menyambut baik keinginan dari rekan-rekan pengusaha dan calon usahawan muda HA IPB Lampung yang mengajak berkolaborasi dan sharing ilmu. “Tentu saja ini menjadi angin segar bagi Prodi Bisnis Digital Darmajaya dalam mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan di bidang pemasaran digital,” ucapnya. (*)

 14 total views,  2 views today