Juli 24, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Aleg DPRD Lampung Ini Ajak Pelaku Usaha Berinovatif

LAMPUNG — Anggota DPRD Provinsi Lampung Syarif Hidayat mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk tetap berinovasi di masa pandemi. Walaupun ekonomi sedang lesu, pelaku umkm dituntut untuk tetap berusaha agar selamat melewati masa krisis akibat pandemi covid-19.

Salah satu titik penting di masa pandemi adalah pemanfaatan media digital sebagai sarana promosi bahkan transaksi. Pelaku UMKM dituntut untuk melek digital mengikuti perkembangan teknologi.

Selain melek teknologi, pegiat UMKM juga diminta untuk melek literasi keuangan. Banyak pelaku usaha yang gagal dalam usahanya, salah satunya dikarenakan tidak ada pendampingan dalam mengelola pembukuan keuangan.

Syarif mendorong UMKM untuk bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha yang sering berbagi ilmu tentang usaha.

“Dengan bergabung dengan komunitas usaha, UMKM akan mendapat pendampingan. Pendampingan kepada kelompok usaha menjadi penting karena dapat membantu dalam mengelola sistem keuangan supaya tidak ada pelaku usaha yang modalnya habis terpakai tanpa adanya keuntungan,” ujar Syarif saat ditemui usai kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM, belum lama ini, di Kelurahan Way Kandis, Tanjungseneng, Kota Bandarlampung.

Agus Widodo, salah satu narasumber dalam kegiatan sosialisasi peraturan daerah tesebut, mengatakan, ada tiga syarat agar UMKM bisa naik kelas. Pertama meningkatkan rasa syukur. Apa pun kondisi dan hasil usaha hari ini harus diterima dengan rasa syukur.

Semua kondisi yang Tuhan beri, sesulit apa pun tantangan yang dihadapi tetap disyukuri.

Kedua, memiliki mindset atau pola pikir yang benar. Karenanya, para pelaku usaha harus terus belajar, berkumpul bersama orang-orang yang memiliki mindset yang positif.

Ketiga, inovasi tanpa henti. Inovasi menjadi keniscayaan buat para pelaku usaha, cara mengelola bisnis, memasarkan bisnis, mengelola SDM perlu terus diperbarui, dan terus belajar. (*)

 6 total views,  2 views today