September 15, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Dosen FPT University Vietnam Isi Kuliah Corporate Budget di IIB Darmajaya

*Rilis Humas IIB Darmajaya

VIETNAM – Ratusan mahasiswa Program Studi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti visiting lecture inbound dengan dosen Dung Thi Phuong Le, M.S.A. asal FPT University Vietnam Jumat, 7-Mei-2021.
Materi “Corporate Budget (Anggaran Perusahaan)” disampaikan oleh Dosen Akuntansi tersebut secara daring. Visiting Lecture Inbound dimoderatori Dosen Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc.

Dung Thi Phuong Le menuturkan anggaran adalah rencana keuangan untuk mengontrol operasional dan hasil di masa depan terkait pendapatan, biaya, dan keuntungan, yang dinyatakan dalam angka, seperti dolar, unit, pound, jam, dan sebagainya. “Penganggaran perusahaan mengacu pada proses dimana bisnis memperkirakan keuangannya untuk periode yang ditentukan di masa depan dan merencanakan operasionalnya sejalan,” ungkapnya.

Dalam mengembangkan anggaran perusahaan, lanjut dia, bisnis biasanya dimulai dengan rencana proyek, kemudian menentukan jumlah waktu, tujuan dan biaya proyek. “Proses penganggaran sering disebut dengan alokasi keuangan,” ujarnya.
Anggaran perusahaan merupakan bagian dari tanggung jawab manajemen. “Dimana manfaat dari penganggaran keuangan juga bagian dari tanggung jawab pengambilan keputusan, koordinasi kegiatan, dan evaluasi kinerja,” imbuhnya.

Ms. Le biasa dia disapa juga mencontohkan salah satu penyusunan anggaran perusahaan Network Technologies, Inc. (NTI). “NTI memproduksi perangkat penyaringan yang dirancang untuk melindungi komputer pribadi dari virus. Meskipun tahun pertama operasional perusahaan menguntungkan, NTI mengalami masalah arus kas yang signifikan karena pertumbuhan penjualan yang cepat pada kuartal keempat tahun 2010,” tuturnya.
Dari kasus tersebut, lanjut dia, terdapat penganggaran yang tidak tepat sehingga terjadi masalah. “Dalam penyusunan anggaran harus meliputi perkiraan penjualan, anggaran untuk produksi, biaya produksi, dan biaya operasional. Kemudian laporan laba rugi yang dianggarkan, anggaran kas yang dianggarkan, dan neraca yang dianggarkan,” bebernya.

Sementara, Kepala UPT Kerja Sama dan Hubungan Internasional IIB Darmajaya Muhammad Dwiyan Aditiya mengatakan visiting lecture inbound merupakan bagian dari implementasi kerja sama IIB Darmajaya dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri. “Beberapa waktu lalu Dosen Darmajaya yang mengisi kuliah di perguruan tinggi mitra luar negeri dan kini sebaliknya,” ungkapnya.
Materi yang disampaikan juga sangat sesuai dengan perkuliahan dari mahasiswa Prodi Akuntansi. “Peserta merupakan mahasiswa Prodi Akuntansi yang mengambil mata kuliah Anggaran,” tutupnya. (*)

 22 total views,  2 views today