September 15, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Prodi MTI Darmajaya Gelar Workshop Orange for Machine Learning & Data Science secara Daring

*Rilis Humas Darmajaya

BANDARLAMPUNG – Program Studi Magister Teknik Informatika (Prodi MTI) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Workshop Orange for Machine Learning & Data Science secara daring Minggu, 23-Mei-2021.

Ir. Onno W Purbo, M.Eng., Ph.D. sebagai pembicara yang dimoderatori Ketua Prodi MTI, Dr. Sutedi, M.T.I. Kegiatan berlangsung selama 3 jam tersebut diikuti puluhan peserta.

Kepala UPT Pelatihan, Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I., mengatakan kegiatan workshop ini kegiatan Prodi MTI dengan kolaborasi bersama UPT Pelatihan. “Orange itu tools untuk Machine Learning dan Data Science, tanpa harus bikin koding,” ungkapnya.

Di dalamnya, lanjut dia, terdapat komponen yang disebut widget untuk visualisasi data, pre-pemrosesan, evaluasi algoritma dan permodelan prediktif. “Dengan tools ini juga banyak digunakan untuk menganalisis untuk berbagai keperluan,” ujarnya.

Onno W Purbo memaparkan bahwa data science kedepan sangat penting karena dibutuhkan oleh semua profesi. “Selama ini dalam perkuliahan statistik juga terdapat sisipan materi data science. Dokter-dokter di laboratorium dapat melakukan klasifikasi atas data Covid dan melakukan prediksi dengan data science,” ungkapnya.

Sekarang, lanjut Dosen Tetap Prodi MTI IIB Darmajaya, mencari SDM untuk data science masih minim. “Iklan yang ditampilkan ke masing-masing pengguna smartphone memiliki marketplace berbeda tidak sama satu dengan yang lain. Nah, itu data science yang mengklasifikasi yang sesuai dengan kebiasaan atau perilaku user,” tuturnya.

Menurutnya, saat mencari barang di marketplace akan muncul barang terkait. “Data science benar-benar mengcustomize dari apa yang kita inginkan seperti marketplace yang menggunakan associate,” imbuhnya.

Contoh lain, lanjut dia, google maps paling sederhana bisa melihat trafik. “Pengguna smartphone yang memiliki akun google membaca kesehariannya. Sehingga dapat memprediksi daerah macet atau tidak,” ujar dia sembari menunjukkan layar maps saat hari Senin.

Onno W Purbo menerangkan Orange merupakan tools yang memudahkan setiap orang dalam melakukan forecasting, klasifikasi dan prediksi. Terdapat regresi, liniear, dan prediksi.

Pakar IT Dunia ini melakukan simulasi pengolahan data dengan tools Orange. Dalam praktik juga mengeksplorasi fitur yang ada di Orange. (*)

 16 total views,  2 views today