September 15, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Kampus Mengajar I Tahun 2021, Anita Sari Dwiyani Sampaikan Materi Pelajaran dengan Games dan Video di YouTube

*Rilis Humas Darmajaya

LAMPUNG TENGAH – Anita Sari Dwiyani, satu diantara 17 mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya yang terpilih mengikuti program Kampus Mengajar 1 tahun 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI kini Kemendikbudristek).

Mahasiswi Prodi Manajemen ini ditempatkan di salah satu sekolah dasar negeri (SDN) Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah. Di SDN 3 Sendang Asih, Anita biasa dia disapa membantu guru kelas dalam proses belajar mengajar.

“Di Kecamatan Sendang Agung hanya ada 3 SD, untuk 3 mahasiswa yang kedatangan Kampus Mengajar. Saya sendiri dari IIB Darmajaya yang ditempatkan di SDN 3 Sendang Asih,” ungkap Anita yang juga tinggal di Lampung Tengah tersebut.

Dalam mengajar murid sekolah dasar, Anita memutarkan video di channel YouTube yang sesuai dengan materi. “Kalau saya sifatnya fleksibel, membantu guru kelas dan menggantikan guru kelas bila tidak hadir,” kata Duta GenRe IIB Darmajaya 2019 ini.

Mahasiswi semester VI ini tak lupa menyisipkan games dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. “Saya juga memakai media gambar untuk pengenalan berhitung,” ucap Anita yang mengajar kelas I – IV ini.

Meskipun dirinya bukan berasal dari disiplin ilmu keguruan, antusias siswa sangat senang menerima pelajaran darinya. “Alhamdulillah antusias. Saat pertama kali saya masuk kelas pun disambut sangat gembira oleh anak-anak. Mereka senang saat belajar dengan menyisipkan game dan melihat video. Mereka jadi lebih fresh kembali ketika menerima pelajaran selanjutnya,” ceritanya.

Anita juga memiliki program dalam Kampus Mengajar I tahun 2021. “Ada program sosialisasi dengan orang tua. SDN 3 ini komunikasi dengan wali muridnya kurang. Jadi saya berniat membuatkan grup wali murid agar dapat tercipta komunikasi yang baik dengan sekolah kedepannya,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan Kampus Mengajar I tahun 2021 berjalan sejak 22 Maret 2021 dan akan berakhir pada 26 Juni 2021. Sebanyak 17 mahasiswa Prodi IIB Darmajaya terpilih dalam program Kemendikbudristek RI dengan konversi mata kuliah sebanyak 12 sks. (*)

 16 total views,  2 views today