Juli 29, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

JK Lantik Riana Jadi Ketua PMI

BANDARLAMPUNG — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla melantik Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung Masa Bakti 2020-2025 di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Jumat 28-Mei-2021.

Pada kegiatan tersebut, Riana Sari Arinal dilantik sebagai Ketua PMI Provinsi Lampung, sementara Gubernur Arinal Djunaidi didapuk sebagai Pelindung, kemudian Prof Dr H. Muhammad Ferry, MAG sebagai Ketua Dewan Kehormatan dan Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto sebagai Sekretaris PMI Provinsi Lampung.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia Nomor : 038/PPPMI/5/2021 Tentang Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung Masa Bakti Tahun 2020-2025, dan Surat Keputusan Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia Nomor : 039/PPPMI/5/2021 Tentang Pengurus Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung Masa Bakti Tahun 2020-2025.

Dalam arahannya Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyampaikan bahwa pada dasarnya tugas Palang Merah maupun Bulan Sabit Merah ialah membantu menyelesaikan kesulitan masyarakat dalam hal bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan. “Tugas kita ialah mengatasi kesulitan, mengatasi kesulitan masyarakat, tugas ini tugas yang mulia karena tidak semua orang bisa, tentu mengatasinya dengan cara bekerjasama, baik dengan pemerintah maupun masyarakat, lembaga-lembaga dan lain sebagainya,” ucapnya

Menurut Jusuf kalla, PMI pertama kali didirikan ketika terjadi perang di Italia, maka diperlukan organisasi yang tanpa berpihak kepada siapapun, hanya berpihak kepada kemanusiaan, tanpa diskriminasi, dan berdasarkan kemandirian. PMI bukan hanya organisasi sosial yang sangat besar di Indonesia, namun juga organisasi sosial sedunia yang paling lengkap.

“Modal kita ialah jaringan yang luas dan kepercayaan atau Trust yang harus kita jaga sebaik-baiknya. Oleh karena itu kegiatan PMI harus terbuka dan diaudit, agar semua orang tahu bahwa sumbangannya sampai kepada yang membutuhkan.” kata Jusuf Kalla.

Pada kesempatan tersebut Jusuf Kalla juga menekankan bahwa PMI adalah organisasi yang mengabdi kepada kemanusiaan, tanpa diskriminasi, tanpa memandang ideologi, dengan penuh kesukarelaan, dan selalu membangun TRUST kepada seluruh golongan.

Mengakhiri sambutannya Jusuf Kalla menyampaikan selamat kepada Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung masa bakti 2020-2025 yang baru saja dilantik, dan tidak lupa ucapan terimakasih juga diucapkan kepada pengurus yang telah selesai masa baktinya. Selain itu Ketua Umum PMI juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung terutama Kepada Gubernur Arinal djunaidi atas dukungannya dalam memajukan PMI.

Sementara itu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua PMI terdahulu, yakni Bapak Umar Hasan yang mana telah menjabat ketua PMI Provinsi lampung selama 5 periode dari tahun 1993 hingga tahun 2020 dan banyak memberikan kontribusi pada kemajuan PMI khususnya di Lampung.

Menurut Gubernur Arinal, PMI Provinsi Lampung sangat membanggakan dan telah melaksanakan program kerjanya dengan sangat baik, diantaranya adalah di bidang pembinaan organisasi, donor darah, pembinaan generasi muda PMI, dan membantu korban bencana, yang mana tidak saja dilakukan di Wilayah Provinsi Lampung tapi juga dilakukan di luar Wilayah Provinsi Lampung seperti peristiwa bencana gempa bumi dan tsunami Aceh, gempa bumi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya.

“sayapun mencatat bahwa PMI Provinsi Lampung melalui PMI pusat telah bekerjasama dengan beberapa palang merah negara sahabat, perhimpunan internasional palang merah dan bulan sabit merah dan organisasi internasional lainnya, dengan Singapura red cross, American red cross, dan lain-lainnya termasuk pengendalian virus flu burung, pemberantasan malaria, sanitasi, termasuk pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat pemulihan dampak Tsunami Selat Sunda,” tutur Arinal

Arinal berharap PMI dapat terus membantu Pemerintah Provinsi Lampung dalam mewujudkan Masyarakat Lampung Berjaya, terutama dalam persiapan pengadaan darah yang diperlukan dari 72 rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung. “Oleh karena itu saya berharap apa yang sudah dilakukan oleh pengurus sebelumnya dan kepengurusan yang akan datang bisa lebih baik lagi dan bisa menunjukkan bahwa PMI memang dibutuhkan oleh rakyat dan rakyat mendapatkan pertolongan dari PMI,” ucapnya

“PMI merupakan salah satu aset bangsa dan negara yang perlu dijaga dan dikelola dengan profesional, saya titip ini kepada ibu Riana Sari Arinal, pesan ini adalah suara rakyat oleh karenanya tidak ada kata lain, harus berhasil, Gubernur ada di belakang untuk membangun palang merah Indonesia oleh karena itu atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan yang baru.” pungkas Gubernur

Menanggapi hal tersebut, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dalam sambutannya memohon dukungan dari PMI Pusat, Gubernur Lampung, jajaran Forkompinda, Organisasi masyarakat, Dunia Usaha serta seluruh masyarakat Lampung agar kepengurusan yang baru dapat menjalankan amanat dan tugasnya dengan baik, sementara itu kepada seluruh jajaran Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI sebelumnya, Riana Sari Arinal mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya selama ini, sehingga PMI provinsi Lampung dapat berkembang dan menunjukkan eksistensi.

“Untuk seluruh pengurus PMI Kabupaten/kota serta seluruh relawan mari kita rapatkan barisan untuk bersama maju dan berjuang menjaga Marwah organisasi PMI sebagai organisasi yang menjalankan tugas kemanusiaan dengan tetap memegang teguh 7 prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah internasional,” Ajak Riana Sari Arinal.

Riana Sari Arinal menyatakan bahwa tantangan yang akan dihadapi oleh PMI ke depan tidaklah mudah, dampak pandemi yang masih dihadapi diseluruh aspek kehidupan, perubahan iklim era digital 4.0 maupun potensi rawan bencana alam pada beberapa wilayah di provinsi Lampung, seperti tsunami, gempa tanah longsor, dan banjir juga menuntut PMI untuk selalu waspada dan siaga.

“Untuk itu PMI kedepan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan kebutuhan masyarakat, selain itu juga harus mampu mendukung upaya tanggap darurat bila mana terjadi bencana alam. Isya Allah dengan kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas, kita bersama akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Lampung,” pungkas Riana Sari Arinal.

Susunan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung

1 KETUA : PROF. DR. MOH. MUKRI, M.AG
2 SEKRETARIS : IR. FAHRIZAL DARMINTO. MA
3 ANGGOTA : IRJEND. POL. HENDRO SUGIATNO
4 ANGGOTA : DR. HEFFINUR,SH.,MH
5 ANGGOTA : BRIGJEND TNI DRAJAD BRIMA YOGA
6 ANGGOTA : DRS. UMAR HASAN
7 ANGGOTA : DR. ANDI DESFIANDI, SE., MA
8 ANGGOTA : WARJIDIN ALIYANTO, SKM., MKS

Susunan Pengurus PMI Provinsi Lampung

1 KETUA : RIANA SARI ARINAL, SH
2 WAKIL KETUA : RUDY SYAWAL SUGIARTO SE. MH
3 KABID ORGANISASI : H. I.S. BUNARI
4 KABID PENANGGBENCANA : BUDHI DARMAWAN, ST.,MT
5 KABID YAN KESEHATAN DAN SOSIAL : dr. H. KUSWANDI, Sp.JP.
6 KABID ANGGOTA DAN RELAWAN : DR. DJOHAN LIUS
7 KABID PENDIDIKAN DAN LATIHAN : DRS. SULPAKAR, MM
8 KABID INFORMASI DAN KOMUNKASI : IR. A. CHRISNA PUTRA NR.,M.EP
9 KABID PENGEMB SUMBER DAYA : DR. ZAIDIRINA, SE., M.SI
10 KABID KERJASAMA DAN KEMITRAAN : PROF DR SATRIA BANGSAWAN.SE.MSI
11 SEKRETARIS : FITRIANITA DAMHURI,S.STP.,M.SI
12 WAKIL SEKRETARIS : DRS. SUTOYO
13 BENDAHARA : FAISHOL DJAUSAL
14 ANGGOTA : RIRIN KUSWANTARI, S.SOS.,MH
15 ANGGOTA : BUDI SETIAWAN (KENG WEI)
16 ANGGOTA : dr. MARS DWI TJAHJO,SP. U
17 ANGGOTA : DRS. SUMARJU SAENI, MSC. (*).

 10 total views,  2 views today