September 11, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Kotaku Tahun 2021 Jamah 5 Lokasi Di Lampura, Diharapkan Kegiatan Dapat Maksimal

*Laporan: Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2021 di Kabupaten Lampung Utara, kini tengah memasuki tahap pembangunan. Diharapkan kegiatan dapat berjalan maksimal sesuai dengan ketentuan.

Untuk diketahui program Kotaku tersebar di 5 (lima) lokasi Desa/Kelurahan di Daerah Kabupaten Lampung Utara, antaranya, Desa Bojong Barat, Talang Bojong, Kotabumi Tengah Barat, Sumber Arum dan Kelurahan Kotabumi Ilir.

“Jadi program Kotaku di tahun 2021 ini, ada 5 lokasi. Kotaku tahun ini lebih mengarah kepada Padat Karya, dimana kegiatannya adalah berupa infrastruktur pemeliharaan, jadi dalam padat karya ini Infrastruktur yang sudah masuk dalam jangka waktu maksimal 5 tahun itu kita perbaiki dengan harapkan mampu merekrut tenaga kerja daerah setempat di masa pandemi ini.” jelas Rio, Koordinator Kotaku wilayah Lampung Utara-Way Kanan, Senin 31 Mei 2021.

Diterangkannya, kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kotaku ini adalah memberikan bantuan kepada masyarakat terhadap infrastruktur, pelayanan dasar permukiman kumuh. Kemudian upaya pencegahan timbulnya permukiman kumuh baru dan mendukung terwujudnya perkotaan lebih baik.

“Kami dari jajaran Korkot harapkan, itu kegiatan dimaksimalkan, agar hasil yang didapat maksimal baik visual maupun struktur, jadi bukan hanya sekedar seremonial saja. Ini pekerjaan yang benar benar bermanfaat untuk masyarakat serta dapat melaksanakan program dengan baik, tentunya sesuai dengan prosedur Kotaku.” ucap dia.

Mengenai biaya sebesar, sambung Rio, masing masing penerima yakni Lembaga Kebudayaan Masyarakat (LKM) menerima Rp.300 juta per Penerima, dengan alokasi Rp.295 untuk kegiatan dan Rp.5 juta untuk operasional LKM.

“Secara global 1,5 Milyar, dan pencairan saat ini sudah mencapai 70 persen, kalau di lapangan (fisik) itu sudah 55 persen.” sambungnya, serta katakan, “Tenggat waktu hingga tanggal 15 Juni 2021 sudah terselesaikan pelaksanaan pekerjaan itu. Namun target kami sebelum tanggal itu kita sudah selesai.” pungkasnya.

 16 total views,  2 views today