September 26, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Percepat Pelayanan, Disdukcapil & RS Handayani Lampura Tandatangani PKS

*Laporan : Berkhin.S – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Percepat pelayanan untuk penerbitan dokumen administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Utara dan pihak Rumah Sakit (RS) Handayani, tanda tangani Perjanjian Kerja Sama (PKS), di ruang Kepala Disdukcapil, Rabu 2 Juni 2021.

Diuraikan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil, Lampura, Khairul Anwar, didampingi Sekertaris Perdana Putra, dan beberapa Kepala Bidang (Kabid), untuk masyarakat yang menjalani perawatan proses persalinan di RS.Handayani, akan langsung mendapat oleh-oleh dokumen administrasi Kependudukan berupa, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Dalam PKS ini percepatan pelayanan yang sifatnya membahagiakan masyarakat, yang disebut dengan program three in one. Artinya disini untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh administrasi kependudukan manakala usai melahirkan di Handayani. Pada saat mereka pulang dari RS mereka sudah memperoleh oleh oleh tiga dokumen kependudukan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil.” jelas Khairul Anwar, usai tanda tangi PKS, diruang kerjanya, Rabu 2 Juni 2021.

Secara teknis, dilanjutnya, nanti pihak rumah sakit akan menyampaikan informasi kepada Disdukcapil bahwa ada ibu melahirkan di RS. Kemudian kita (Disdukcapil) akan segera memproses tiga dokumen kependudukan antaranya Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) tersebut. “Jadi mereka pulang langsung membawa dokumen tersebut.” lanjutnya.

Ditempat yang sama, dr.Tika mewakili Direktur RS.Handayani, menyatakan, bahwa program three in one ini sangat membantu kinerja Rumah Sakit. Dalam hal ini, pihak nya akan segera mengkoordinasikan dengan Dukcapil mana kala ada pasien nya enak melahirkan.

“Kita ada kerja sama, program three in one, jadi pasien yang habis melahirkan akan membawa tiga dokumen yaitu, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Kita hanya melakukan koordinasi dengan Disdukcapil. Jadi sangat terbantu dengan adanya kerja sama ini.” ujar dr.Tika, mewakili Direktur, Rumah Sakit Handayani, didampingi rekannya.

Untuk diketahui, Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara saat ini telah bekerja sama dengan beberapa Rumah Sakit, antaranya, RS.Maria Regina dan Handayani. Selanjutnya pihak Dukcapil akan terus menjamah Rumah sakit lainya, untuk mempermudah pelayanan.

 24 total views,  2 views today