September 14, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Tinjau Pekerjaan, Tim Kotaku Lampura & Provinsi Lampung Lakukan Monev

*Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Bersama pihak dari Provinsi Lampung, Tim Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Kabupaten Lampung Utara – Way Kanan, tinjau pembangunan rehabilitasi dibeberapa lokasi berbeda, Senin 7 Juni 2021.

Dari pantauan, mereka melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) guna melihat progres secara langsung pembangun melalui Kotaku, antaranya di Desa Sumber Arum, Talang Bojong dan Desa Bojong Barat.

Disela sela monev, Jumadi selaku Tim teknis Satuan Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman PKP Balai Prasarana Permukiman Wilayah) Provinsi Lampung mengatakan, pihaknya ingin mengetahui sudah sejauh mana pembagunan dilakukan. Hal ini tentunya berkaitan dengan pembayaran dan mengingat tenggat waktu semakin dekat.

“Monev ini untuk percepatan pelaksanaan, karena padat karya ini yang mengerjakan masyarakat. Mengingat waktu lima hari lagi, jadi ada hal yang harus dilakukan percepatan. Ini kita membayar dengan progres, pertama 70 persen yang dibagi dua menjadi 40 dan 30 persen, kemudian 20 persen dan tahap akhir 10 persen.” kata Jumadi, kepada media ini, Senin 7 Juni 2021.

Ditempat yang sama, tenaga Infrastruktur Konsultan Managemen Wilayah (KMW) Provinsi Lampung, Meli Suprayitno, menjelaskan, dari melihat pekerjaan akan didapat kesimpulan mengenai langkah langkah yang akan diambil jika terdapat ketidak sesuaian antara rencana dan pekerjaan.

“Dari fisik kita ingin memastikan sesuai dengan rencana atau tidak, kalau tidak sesuai langkah kita seperti apa, misalnya dana sisa kita alihkan ke infrastruktur yang lain atau seperti apa.” Jelas Meli.

Disambungnya, sebagai masukan pembangunan, terdapat pembangunan siring pasang yang didalamnya ada tanjakan atau gundukan dibawah gorong-gorong, hal itu harus dilakukan perbaikan ulang.

“Karena kalau tidak maka air tidak bisa mengalir. Kemudian ada siring yang harus di buatkan gorong gorong agar air tidak berhenti di kediaman warga.” sambung Meli Supriyatno, didampingi Dari Provinsi Ervina sebagai Sub Tenaga ahli Managemen Keuangan dari Konsultan Provinsi.

Sementara terpisah, Rio Koordinator Kotaku (Koordinator Kotaku) Lampung Utara-Way Kanan menambahkan, dari lima lokasi penerima bantuan Program Kotaku telah diambil sampling di tiga lokasi.

“Iya hari ini, kami bersama dengan pihak provinsi mengambil sample tiga lokasi berbeda dari lima lokasi penerima padat karya Kotaku,” Korkot Lampung Utara-Way Kanan, Rio, kepada media ini

Data yang didapat, untuk Desa Kotabumi Tengah Barat dilakukan peningkatan Drainase sepanjang 2.376 yang dibagi di tiga Dusun, kemudian di Desa Sumber Arum dibuatkan jalan lingkungan sepanjang 750 meter di Dusun 3, drainase sepanjang 1.910 meter di 2 dusun, Desa Talang Bojong terdapat pembangunan drainase sepanjang 2.673 meter di 4 Dusun, Desa Bojong Barat dilakukan peningkatan Drainase sepanjang 2.549 meter di 3 dusun dan di Kelurahan Kotabumi Ilir dilakukan peningkatan Drainase sepanjang 2.686 meter.

 28 total views,  2 views today