September 14, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

BPBD dan TRC Mesuji Tinjau Desa Rawan Banjir Rob

*Laporan Suheri Inspiratif.co.id

MESUJI — Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji didampingi dua Kepala Bidang (Kabid) dan tim reaksi cepat (Trc) tinjau desa Panggung Rejo Kecamatan Rawajitu Utara (Rju) yang kerap terkena bencana  Banjir pasang surut air atau banjir  ROB saat musim hujan.

Kalak BPBD Mesuji Sunardi S.E. mengatakan pihaknya turun ke desa  Panggung Rejo menindaklanjuti laporan masyarakat yang sering terdampak banjir ROB.Dengan melihat langsung Timnya  akan membuat langkah-langkah untuk membantu memberikan solusi agar saat musim hujan warga Panggung Rejo bisa terbebas dari banjir dadakan atau yang biasa di sebut dengan banjir ROB.

“Ya hari ini kami Tim BPBD sengaja turun menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait bencana banjir sekaligus  mengecek langsung lokasi yang sering terjadi banjir,apa penyebabnya dan akan kita carikan solusinya,” jelasnya Kamis, 09-Juni-2021.

Selain itu pihak BPBD juga mendengarkan keluhan, keluhan masyarakat terkait bencana banjir yang setiap tahun terjadi. “Apa yang menjadi keinginan masyarakat akan kita tindaklanjuti sesuai batas dan kewenangan BPBD,” imbuhnya.

Sementara itu  Kepala desa Panggung Rejo Ropiah menjelaskan saat musim hujan puluhan rumah yang sering terendam sampai mencapai 30-40 CM sementara lahan pertanian sekitar 58 Hektar yang sering mengalami kerugian akibat banjir tersebut.

“Saat musim hujan,air dari saluran Primer Sungai Mesuji meluap sampai kejalan perumahan dan areal persawahan,dan warga sering mengalami kerugian akibat dari banjir Rob dan ini terjadi setiap tahun,” terangnya.

Ropiah meminta kepada Pemerintah baik Kabupaten,Provinsi maupun pusat untuk bisa membantu masalah yang kerap terjadi di desanya. “Saya minta pihak pemerintah bisa membantu desa kami agar warga kami bisa terbebas dari bencana banjir ROB ini,” harapnya.

Kunjungan Kalak BPBD ke Panggung Rejo di sambut Camat Rju Samijo dan kepala desa Sungai Sidang Gunamardi serta sekretaris dan perangkat desa Panggung Rejo pada kesempatan itu Tim BPBD sekaligus mendengarkan keluhan masyarakat yang ada di desa setempat.

Tim TRC juga mengecek Penyebab banjir ROB salah satu penyebabnya yaitu rusaknya pintu air di desa tersebut serta rendahnya saluran air sehingga terjadi  pendangkalan saluran  sehingga  menyebabkan air naik kejalan besar dan meluas sampai ke pemukiman hinga  ke peladangan warga setempat.

Hal itu juga  dibenarkan Camat Rju Samijo bahwa salah satu penyebab terjadinya banjir karena pintu air mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menahan air. “Kalau banjir salah satu penyebabnya  yaitu  pintu air rusak dan sudah pernah ditanggulangi oleh desa  dengan dipasang  papan tapi tidak kuat menahan air  sehingga pintu air jebol,” pungkasnya.(*)

 28 total views,  2 views today