September 20, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Dosen Cheng Shiu University Taiwan Kenalkan AI kepada Mahasiswa IIB Darmajaya

*Rilis Humas Darmajaya

TAIWAN – Puluhan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti Visiting Lecture Inbound dari Cheng Shiu University Taiwan dengan pembicara Associate Professor Dr. Chen Shih-Hsien dari Cheng Shiu University, Rabu 09-Juni-2021.
Kegiatan Visiting Lecture Inbound merupakan kerja sama IIB Darmajaya dan Cheng Shiu University yang digelar secara daring. Assoc. Prof. Dr. Chen Shih-Hsin mengangkat topik Introduction to Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa Inggris dan dipandu Dosen Prodi Teknik Informatika Rahmalia Syahputri, S.Kom, M.Eng.Sc..

AI (kecerdasan buatan), kata Assoc. Prof. Dr. Chen Shih-Hsin, banyak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan teknologi AI, mendeteksi wajah untuk memprediksi usia,” ungkapnya.
Assoc. Prof. Dr. Chen menerangkan untuk mengenal AI juga harus mengetahui cloud dan big data. “Mengapa kita harus memahami keduanya terlebih dahulu. Karena Cloud merupakan sumber daya penyimpanan yang dapat menampung dalam kapasitas data besar,” ujarnya.
Setiap perusahaan, lanjut dia, merupakan perusahaan data. “Karena banyak data yang dapat digunakan untuk memprediksinya. Tidak perlu memiliki prediksi yang tepat namun, itu membawa manfaat besar,” imbuhnya.

Menurutnya, kecerdasan buatan merupakan teknik yang memungkinkan mesin untuk meniru perilaku manusia. “Machine learning bagian dari teknik AI yang menggunakan metode statistik untuk memungkinkan mesin dalam meningkatkan pengalaman,” tuturnya.
Cara kerja dari kecerdasan buatan dengan mengumpulkan data dan akan menghasilkan output. Luaran tersebut klasifikasi, regresi, pengelompokan, estimasi densitas, dan pengurangan dimensi.
Prof. Dr. Chen menambahkan perkembangan AI kini sangat cepat, banyak aplikasi yang bisa digunakan. “Dampak kehidupan sehari-hari terhadap karier kita yang berkaitan dengan penggantian pekerjaan,” ucapnya.

Sementara, Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditiya, mengatakan kegiatan visiting lecture inbound sebagai implementasi kerja sama kedua perguruan tinggi (IIB Darmajaya, Indonesia – Cheng Shiu University, Taiwan). “Adanya sharing pengetahuan dari pengajar Cheng Shiu kepada mahasiswa IIB Darmajaya untuk menambah wawasannya,” ungkapnya.
Dwiyan biasa dia disapa berharap dari kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman pembelajaran dari pengajar di luar negeri. “Visiting lecture inbound juga merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan Kemendikbudristek RI,” pungkasnya. (*)

 31 total views,  2 views today