September 14, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Dosen Darmajaya Ajari Guru di Metro Produk Microsoft Office

*Rilis Humas Darmajaya

METRO – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan Microsoft Office kepada guru di Metro secara daring, Kamis 10-Juni-2021.
Pelatihan diisi langsung Kepala UPT Pelatihan Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I. Dosen Prodi Teknik Informatika ini juga menerangkan penggabungan Microsoft Office pada media terdistribusi (cloud computing).
Riko mengatakan bahwa dalam Microsof Office terdapat berbagai macam produk yang dapat digunakan seperti Microsoft Word yaitu perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft.

Sedangkan secara umum, Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi pengolah data berupa huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, dan lain lain.
“Hadirnya Microsoft Word menggantikan mesin ketik yang sudah kuno. Dengan microsoft word, kita bisa membuat dokumen dengan mudah. Kita bisa menyimpannya lalu mencetaknya kapan saja,” ungkapnya.
Beberapa fungsi dan kegunaan Microsoft Word, lanjut dia, membuat dokumen dengan cepat, membuat dokumen bisa dicetak, menyimpan dokumen ukuran kecil dan format beragam, serta membuat tulisan dalam berbagai variasi untuk membuat label surat. “Microsoft Word sangat sering bapak/ibu gunakan untuk menunjang aktivitas pekerjaan. Ada lagi Microsoft Excel yang digunakan dalam pengolahan angka,” ujarnya.

Program Microsoft Excel sering digunakan oleh para akuntan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan di dalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil.
“Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga seperti halnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu,” bebernya.
Terakhir, kata Riko, Microsoft Powerpoint yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. “Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.
Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template atau desain juga akan mempercantik sebuah presentasi,” tutupnya. (*)

 26 total views,  2 views today