Juli 24, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Bapas Kelas II Kotabumi Sinergi Dengan PWI Lampura

*Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA – Jalin komunikasi menuju keterbukaan informasi publik (KIP) Balai Permasyarakatan (Bapas) Kelas II Kotabumi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kabupaten Lampung Utara, sinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) daerah setempat, Selasa 22 Juni 2021.

Disela sela pembahasan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Bapas, Welli.A.Md.,IP.,S.H.,M.H. Kepala Balai Permasyarakatan Kabupaten Lampung Utara mengucapkan terimakasih atas komunikasi yang dibangun PWI perwakilan Lampung Utara.

Sebagai salah satu lembaga Permasyarakatan di bawah Kemenkumham Bapas Lampung Utara menaungi lima wilayah kerja antaranya, Kabupaten Lampung Utara, Way Kanan, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang dan Kabupaten Mesuji.

“Secara umum kita melakukan pendampingan anak yang bermasalah dengan hukum sehingga anak tersebut tidak sampai dihukum pidana penjara. Terkecuali kasus narkoba. Kita juga memberikan rekomendasi untuk Nara pidana di Rutan dan Lapas untuk mendapat asimilasi,” ucap Welli, kepada Wak media, di ruang kerjanya, Selasa 22 Juni 2021.

Selain itu, Bapas juga berhak mengeluarkan Asesmen tahap awal, dimana para napi yang sudah dinyatakan bersalah itu mereka minta asesmen ke Bapas, dan kita mengeluarkan asesmen sebagai bentuk penilaian terhadap seseorang.

“Setelah para Nara pidana itu dinyatakan bebas kita ada bentuk pengawasan dan mereka wajib lapor ke Bapas, kemudian ada pembinaan pembinaan yang kita pilih sesuai dengan kemampuannya masing masing orang. Seperti sablon dan bidang perikanan yang melibatkan kelompok swadaya, dan minat mereka tinggi.” ucap dia.

Yang utamanya lanjut Welli, didampingi M. Amran.F,SH., selaku Kasubsi Bimbingan Klien Dewasa (BKD), bahwa Balai Permasyarakatan ini bukanlah Lembaga Anak, Bapas memiliki peran sendiri didalam memasyarakatkan masyarakat,

“Jadi kita disini Bapas ini bukan LP Anak, itu yang harus dipahami. Untuk diketahui kita sudah jalin kerja sama dengan berbagai kelompok untuk melakukan penyuluhan seperti panti panti asuhan, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan lain sebagainya.” pungkas dia.

 235 total views,  2 views today