Juli 27, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

UBL Jadi Tuan Rumah BIMTEK Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi di LLDikti Wilayah II

*Rilis Humas UBL

BANDAR LAMPUNG — Universitas Bandar Lampung (UBL) dipercaya oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimtek Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (PT) di LLDikti Wilayah II. Program Kerja Belmawa tersebut mengundang seluruh Perguruan Tinggi di LLDikti Wilayah II yang meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan tersebut mengusung tema “BIMTEK Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi di Abad 21 untuk Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Acara yang digelar di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Rektorat, Kampus UBL tersebut dilaksanakan pada Jumat, 25-Juni-2021. Perguruan Tinggi yang mendapatkan hibah Kerja sama Kurikulum dan Implementasi MBKM yang berada di sekitar Kampus UBL, hadir secara offline di Ruang tersebut bersama Tim Belmawa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan untuk peserta bimtek dari Perguruan Tinggi lain yang termasuk LLDikti Wilayah II mengikuti bimtek secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik UBL, Dr. Hery Riyanto, M.T., mengungkapkan rasa terima kasih kepada Direktorat Belmawa karena telah mempercayakan UBL sebagai tuan rumah kegiatan bimtek kali ini. “UBL berterimakasih dan merasa terhormat karena telah dipilih sebagai tuan rumah dalam kegiatan bimtek yang diadakan oleh Tim Belmawa. Kami berharap dengan adanya bimtek ini, menjadi pemicu bagi UBL untuk lebih baik lagi dalam penerapan kurikulum MBKM, serta menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum MBKM bagi Peguruan Tinggi lain,” ungkap Hery.

Acara bimtek tersebut diisi dengan 4 sesi materi yang disampaikan oleh narasumber dari Tim Belmawa. Materi pertama terkait Rasional Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi di abad 21 untuk mendukung MBKM disampaikan oleh Hendrawan Soetanto dari Universitas Brawijaya. Materi ke-2 terkait Tahapan Penyusunan KPT sesuai KKNI dan SN-Dikti dengan Pendekatan Outcome Based Education (OBE) disampaikan oleh Edy Cahyono dari Universitas Negeri Semarang. Sedangkan materi ke-3 terkait Strategi Implementasi BKP MBKM dalam KPT diberikan oleh Sri Suning Kusumawardani dari Universitas Gadjah Mada, serta pemateri ke-4 yaitu Sri Peni Wastutiningsih dari Universitas Gadjah Mada memberikan materi tentang Pembelajaran Menggunakan Case Method dan Team Based Project beserta penilaian dan Evaluasinya.

Yanuar Dwi Prastyo, S.Pd.I., M.A., Ph.D., selaku moderator kegiatan bimtek menambahkan, sebagai Perguruan Tinggi satu-satunya dari LLDikti Wilayah II yang telah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Traning of Trainer (ToT), UBL menjadi salah satu PTS yang dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan bimtek ini. “Bimtek ini di ikuti oleh seluruh PT yang termasuk di LLDikti Wilayah II. Masing-masing PT mengirimkan perwakilan dari Program Studi yang terdapat di Kampus mereka. Sekitar 350 peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut,” tambah Yanuar saat diwawancara, Kamis (01/07/2021).

 296 total views,  2 views today