Juli 22, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Mahasiswa Darmajaya Turut Serta Dalam Pencarian Seorang Pendaki Yang Hilang

*Rilis Humas Darmajaya

BANDARLAMPUNG – Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya turut serta dalam pencarian seorang pendaki perempuan Tasya Putri Damayanti (16) yang sempat hilang di Gunung Tanggamus pada Rabu, 30-Juni-2021 lalu.

Aditya Apri Pratama bersama keenam rekan yang tergabung dalam UKM Artala IIB Darmajaya bergabung bersama tim pencarian pada Rabu dinihari. “Saya ditelepon sekitar pukul 11 malam (Rabu, ed). Saya dikasih tahu kalau ada pendaki yang tersesat. Saya langsung telepon anggota yang rumahnya tidak jauh dari Gunung Tanggamus (Aldo sama Fahmi) enggak lama mereka datang di pos pencarian sekitar jam 12 atau setengah satu malam,” ungkap Aditya Apri Pratama

Keduanya (Aldo dan Fahmi), lanjut Aditya, melakukan pencarian singkat ke ground camp Gunung Tanggamus bersama tim. “Saya dan teman-teman yang ada di Bandarlampung berangkat ke Tanggamus malam itu juga. Pagi hari ketika tim 2 akan naik pada Kamis pagi dan tim 1 telah menemukannya,” ceritanya.

Ketujuh mahasiswa yang ikut serta dalam pencarian bersama tim yakni Farhan Ade Kreshna (Manajemen), Aldo Erlansyah (Manajemen), Muhammad Andriansyah (Sistem Informasi), Winda Ariansah (Sistem Informasi), Aditya Apri pratama (Manajemen), Deco Aditya (Sistem Komputer), dan Pryanda Alliffahmi (Manajemen).
Selama ini, UKM Artala IIB Darmajaya selalu turut serta untuk berpartisipasi aktif melakukan kegiatan kemanusiaan dan sosial. “Kita juga turut serta membantu ketika terjadi gempa dan tsunami di Lampung Selatan beberapa waktu lalu,” kata Aditya yang akrab disapa Kimin.

Kimin berpesan kepada pendaki agar mencari informasi sedetail mungkin sebelum melakukan pendakian untuk mencegah kejadian tersesat ataupun hilang dari jalur pendakian. “Carilah info sedetail-detailnya dan pergunakan manajemen perjalanan dengan sebaik-baiknya ketika kita sedang mendaki,” imbuhnya.

Saat mengalami kejadian salah satu anggota pendakian tidak dapat melanjutkan ke puncak, Kimin yang juga Ketua Umum UKM Artala IIB Darmajaya ini menyarankan untuk menyudahi pendakian dan turun. “Karena meninggalkan teman dengan alasan apapun menurut saya tetap kurang baik, jangan memaksakan kehendak dan jangan saling egois harus tetap kompak,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengatakan sangat mengapresiasi atas kepedulian dan sikap tanggap dari teman-teman mahasiswa yang tergabung dalam UKM Artala IIB Darmajaya. “Kepedulian terhadap sesama pecinta alam juga memanggil mereka untuk membantu. UKM Artala IIB Darmajaya juga selama ini turut serta aktif membantu ketika terjadi bencana alam di Lampung,” ungkapnya.

Masih kata Muprihan, tidak hanya di Lampung, bencana alam yang terjadi di Pulau Sulawesi juga Artala melakukan penggalangan donasi bersama pecinta alam di Sang Bumi Ruwa Jurai. Dalam peningkatan kemampuan rescue, UKM Artala juga rutin menggelar latihan sebagai kesiapan anggota ketika menghadapi bencana.

“IIB Darmajaya juga sangat support atas kegiatan mahasiswa yang bersifat produktif dan bermanfaat bagi orang banyak,” pungkasnya. (*)

 171 total views,  2 views today