Juli 29, 2021

Inspiratif.co.id

Inspirasinya Semua kalangan

Dosen Prodi SI Darmajaya Gelar Belajar UI dan UX Web Desain

*Rilis Humas Darmajaya

BANDARLAMPUNG – Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Belajar UI dan UX Web Desain secara daring Kamis, 8-Juli-2021.

Dalam kegiatan tersebut, Anggi Andriyadi, S.Kom., M.T.I. membagikan ilmunya kepada ratusan peserta yang berada dalam ruang pertemuan zoom. Anggi –biasa dia disapa – menerangkan UX atau User Experience adalah sebuah pengalaman seseorang dalam menggunakan atau berinteraksi dengan sebuah produk ataupun jasa.
“Tidak ada orang yang gagap teknologi tetapi aplikasinya yang tidak ramah kepada penggunanya,” ucapnya.
UX, lanjut dia, lebih ke logic, skill dan teknikal. “User Interface atau UI merupakan bagian visual dari sebuah produk aplikasi, software, produk fisik, kemasan, yang menyangkut pada bagaimana sebuah informasi dapat ditampilkan,” ungkapnya.
Anggi menuturkan bahwa UI lebih kepada desain, visual dan estetika. “Banyak perusahaan di Eropa yang menggaji UI dan UX dengan sangat mahal sekitar 100 jutaan karena ilmunya mahal,” ujarnya.
Kampus sekarang, kata Anggi, telah banyak mempelajari Produk Desain. Dimana dikhususkan untuk membuat kemasan produk melalui ilmu.

“Seperti kemasan Silverqueen yang dibuat dengan proporsi tepat sehingga dapat menarik minat calon konsumen. Di Gojek dan Tokopedia juga merancang aplikasinya dengan mendapatkan masukan dari UI dan UX Research dari penempatan warna dan tombol serta lainnya dengan mempertimbangkan keinginan pengguna,” bebernya.
Anggi menambahkan semua itu dapat dipelajari di Prodi Sistem Informasi terutama dalam mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. “UX berfokus pada arsitektur konten, dan elemen dari sebuah informasi. UI berfokus pada visual, bagian kreatif dari sebuah informasi,” jelasnya.
Kemudian, Prodi SI juga membuka sharing bersama alumni dalam ruang pertemuan zoom dengan menghadirkan Luthfi Hasyim (Bank Aladin Syariah) dan M. Teguh Prastyo, S.Kom (Staf Humas Polinela). Keduanya membagikan cerita usai lulus dari PTS Terbaik se Sumbagsel.

Luthfi mengakui IIB Darmajaya sekarang lebih terkenal di nasional dengan Kampus IT atau komputer. “Dahulu saya lulus 2014 belum banyak mengenal ketika ditanya lulus dari Darmajaya tetapi sekarang di Jakarta saja sudah kenal dengan IIB Darmajaya. Banyak yang didapat ketika kuliah dan bisa bekerja di BSSN dan Bank Aladin karena ilmu yang diperoleh di Prodi SI,” ucapnya.
Hal senada disampaikan M Teguh Prastyo bahwa IIB Darmajaya mengantarkannya bekerja di Polinela. “Prodi SI mengajarkan bagaimana seperti yang disampaikan Pak Anggi dan saya juga mengikuti UKM DCFC sehingga menambah skill praktis dalam menunjang ilmu yang diperoleh,” ucapnya. (*)

 67 total views,  2 views today